ARTIKEL

Lakukan ini, Menjadikanmu Terlihat Pintar dan Cerdas

themagnesianews.com | Bandung, Pasti kita sangat mengharapkan suatu pujian dari orang lain atas kecerdasan yang kita punya, lebih-lebih lagi orang yang memuji adalah orang-orang terdekat dan musuhmu.

Walaupun lebih bijaksana untuk sikap merendah diri, akan tetapi kita tak perlu munafik lagi. Dicap pintar atau cerdas oleh orang lain merupakan salah satu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri yang tak bisa dijelaskan.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa, dipuji memiliki kecerdasan dan kepintaran merupakan suatu cita-cita semua orang, tak kecuali denganmu.

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan kepadamu lima hal yang menjadikanmu terlihat pintar dan cerdas. Mari simak poin-poinnya di bawah ini.

1. Perbanyak kosakata

Ini penting, bahwa memiliki kosakata yang tak banyak orang mengetahuinya, menandakan bahwa pengalaman intelektualmu jauh melebihi orang lain. Karena bila seseorang memiliki banyak kosakata, menandakan seseorang tersebut rajin membaca, mulai dari membaca buku fiksi, non-fiksi, hingga berita dan artikel.

Jangan sampai…. Yang diceritain itu itu saja. Hehe

Akan hal itulah, ketika temanmu sibuk mengucapkan kata-kata gaul dan alay yang sedang hits, apa salahnya kamu tunjukkan kata-kata intelektual yang kamu miliki, untuk menunjukkan kecerdasan yang kamu punya.

2. Memiliki selera seni yang tinggi

Tak heran lagi, bahwa selera seni masyarakat Indonesia tidak bisa dikatakan bagus.

Kita lihat saja secara empirik, ada begitu banyak sinetron dan tontonan di televisi dan YouTube Indonesia yang tidak berfaedah dan berseni. Semua ini tidak akan hadir kalau rata-rata masyarakat Indonesia memiliki selera yang tinggi dalam hal seni.

Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki bacaan yang berbeda dari orang lain, mendengarkan musik yang bagus, dan menonton film dan acara yang berkualitas, itu menandakan bahwa kamu memiliki kecerdasan dan haus akan pengetahuan dan wawasan.

Yang pasti selera senimu berbeda dari orang sekelilingmu, dan sama dengan orang-orang sukses dan ingin maju.

3. Pola pikir yang rasional

Dan hal yang mendasar untuk menjadikanmu pintar dan cerdas adalah, pola pikir yang rasional.

Jangan kamu anggap sepele dengan poin ini, karena apa yang kamu putuskan dan lakukan, semuanya berlandaskan dari pikiran.

Jadi ketika kamu memiliki pikiran yang rasional, menjadikanmu pribadi yang berpikiran terbuka.

Kamu akan menerima segala halnya dengan sistematis dan analisis, dan menolak menerima segala sesuatu hal secara mentah-mentah. Dan pastinya menjadikanmu kelihatan cerdas dibanding orang lain.

4. Memiliki seni retorika dan persuasif dalam komunikasi

Memiliki seni retorika dan persuasif dalam komunikasi, sangatlah penting. Dan semua itu akan bisa dilaksanakan apabila kamu memiliki wawasan dan pengetahuan yang kuat.

Maka dari itu, banyak orang menganggap bahwa seseorang yang ahli dalam berkomunikasi secara umum dinilai cerdas.

Banyak tokoh-tokoh yang bisa dijadikan contoh, karena memiliki seni retorika dan persuasif dalam komunikasi di tempat umum, seperti Abraham Lincoln, Martin Luther King Jr, hingga Bung Karno.

Tapi yang harus diingat adalah, komunikasi yang baik adalah berlandaskan hati dan tujuan. Kalau tujuanmu jelek dalam komunikasi, walaupun komunikasimu sangat bagus ketika itu, akan tetapi tetaplah tidak bisa dikatakan cerdas dan pintar..

5. Ramah dan lebih banyak mendengarkan

Mungkin kita selalu memiliki teman sekolah yang cerdas, akan tetapi jutek dan kurang ramah dengan orang lain, lebih-lebih lagi kepada orang yang tak memiliki kecerdasan setara dengannya. Ini tidak bisa dikatakan cerdas seutuhnya.

Namun, yang dikatakan cerdas sepenuhnya ialah orang-orang yang ramah dan banyak mendengarkan pendapat orang lain. Semua orang pasti senang dengan seseorang yang cerdas, namun ia mau membantu orang lain dan tidak suka menggurui.

Ya, begitu banyak orang yang mengatakan dirinya cerdas, yang menjadikannya suka berkomentar tanpa landasan yang kuat.

Orang-orang yang cerdas adalah seseorang yang sering mendengarkan dibandingkan menjelaskan. Orang cerdas ini menonjolkan kerendahhatiannya, dan tak selalu suka pamer.

Nah, lima poin yang sudah dijelaskan di atas tadi, bisa menjadi referensi untuk mengubah dirimu menjadi terlihat cerdas dan pintar. Karena semua manusia berhak untuk terlihat cerdas dan pintar, begitupun dengan dirimu. (Ly)

Kutipan beberapa sumber artikel

Visits: 23

Bagikan Link :