DAERAH

NU Jakarta Timur Dirikan 3 Posko Korban Banjir

themagnesianews.com | Jakarta – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Administrasi Jakarta Timur bersama Corporate Social Responsibility (CSR) BCA menyalurkan bantuan bencana banjir.

Acara dilangsungkan di Posko Peduli Banjir, halaman Masjid Al-Istiqomah, Rawa Terate, Cakung Jakarta Timur. Menurut Sekretaris PCNU Jaktim, Syarif Cakhyono bahwa bantuan yang sudah diterima diserahkan ke petugas lapangan.

Bantuan tersebut kami serahkan ke Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama atau LPBINU Jakarta Timur karena lembaga ini yang tahu kondisi lapangan,” katanya di Posko Peduli Banjir NU Jaktim, Kamis (2/1).

Dalam pantauannya sebagaimana diperoleh dari LPBINU Jaktim dan Kapolsek Cakung di lapangan tempat pengungsian, korban banjir ada yang masih balita, bahkan ada juga yang terkena stroke. Karena itu, bantuan berupa makanan siap saja juga sangat dibutuhkan warga. Dan semuanya langsung disalurkan ke dapur umum untuk diolah, sehingga bisa dinikmati warga atau korban banjir.

“Bahan-bahan yang ada dimasak dulu, setelah matang baru didistribusikan oleh teman-teman LPBINU Jaktim kepada korban banjir,” jelas dia.

Dapur umum yang sudah didirikan Kapolsek Cakung, LPBINU Jaktim dan swadaya masyarakat di halaman Masjid Al Istiqomah, lanjutnya. Sementara Ketua PC LPBINU Jaktim, Syahrul Anwar mengatakan siap membantu korban bencana banjir di posko yang ada.

“Kami dari PC LPBINU Jaktim dan Banser Cakung siap melaksanakan tugas kemanusiaan atas permintaan PCNU Jaktim,” tegas Syahrul.

Dirinya juga menyatakan anggota lain siaga di lokasi banjir sejak tahun baru. Bahkan ketika ada berita kebanjiran, NU Jaktim meminta untuk langsung meluncur ke lokasi banjir. Menurut Syahrul, Posko Peduli Banjir NU Jaktim ada 3 titik.

“Yang pertama di sini yakni kawasan Rawa Terate Cakung Jaktim, kedua di Pulo Gadung, dan ketiga di Permata 2 Jatinegara Kampung Melayu,” tutur dia.

Sebelumnya di tempat yang sama, Kapolsek Cakung Kompol Pandji Santoso telah memberikan bantuan mendirikan dapur umum dan posko.

“Kami merasa terpanggil membantu korban banjir ini. Bersama LPBINU Jaktim, Banser dan masyarakat, kami dirikan dapur umum dan posko peduli banjir,” ujar Pandji.

Selain itu, Polsek Cakung juga memberikan pendampingan psikologis, trauma healing dan memastikan rumah dan barang warga terjaga dengan baik.

Bantuan dari pihak CSR BCA diwakili Fredericus Adi Waskita beserta staf. Adapun dari NU Jaktim oleh wakil ketua, Azas Rulyaqien, sekretaris, Syarif Cakhyono, bendahara, M Agung Permulo. Tampak pula Syahrul Anwar, Suwarto dan pengurus LPBINU Jaktim serta Banser. (Ly)

Sumber: https://www.nu.or.id

Visits: 9

Bagikan Link :