RAGAM

Gelaran Pernikahan Di Awal New Normal

MAGAZINE INDONESIA || themagnesianews.com – Bandung – Meski keberadaan virus Covid-19 masih menjadi momok yang mengerikan bagi seluruh penduduk dunia termasuk Indonesia namun dipelbagai negara sudah mulai menerapkan pelonggaran pembatasan sosial.

Hal itu dilakukan guna memulihkan roda perekonomian serta mengembalikan rutinitas yang selama ini tersekat bahkan sebagian masyarakat nyaris tidak bisa beraktifitas. Hampir disetiap negara melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau karantina wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang sampai saat ini belum diketemukan obat penangkalnya.

Pemerintah Indonesia baru-baru ini memberikan pelonggaran pembatasan sosial kepada masyarakatnya untuk memasuki tatanan kehidupan baru ‘New Normal’. Namun demikian protokoler kesehatan harus tetap dilaksanakan agar Adaptasi Kehidupan Baru tidak menimbulkan klaster baru penyebaran virus yang di sinyalir berasal dari Wuhan (China).

Seiiring dengan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan beberapa fasilitas umum untuk melakukan aktifitasnya, masyarakatpun diperkenankan untuk melakukan kegiatan lainnya dengan catatan harus mematuhi peraturan serta selalu mengedepankan protokol kesehatan.
Tentunya hal ini disambut baik oleh masyarakat yang selalu melibatkan orang banyak atau berkerumun dalam mencari nafkah untuk menopang keberlangsungan hidup mereka.

Namun Dengan diterapkannya program ini kebahagian bukan hanya milik para pedagang pasar atau pekerja Mall saja namun para pelaku seni dan jasa Wedding Organizer ‘WO’ mulai bisa sedikit tersenyum. Meskipun demikian mereka harus rela kehilangan banyak job dan acara ditahun ini dengan adanya pandemi korona.

Seperti kita semua ketahui tradisi bulan ‘pernikahan’ tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan karantina dan Social Distancing yang melarang seluruh kegiatan yang melibatkan massa. Bahkan beberapa calon pengantin memutuskan untuk menunda bahkan membatalkan resepsi pernikahan mereka gegara pandemi ini.
Lain hal nya dengan pasangan Melati Fadhilla Nissa (Mel) putri pertama dari pasangan Adang Sofyan/ Rita Utami (Ciwastra) bersama Adithya Sesar Pratama (Adit) putra tunggal dari pasangan Estu / Bodi (Soreang) yang tetap melaksanakan akad serta resepsinya meski sebelumnya sempat mengalami penundaan waktu dan tempat.

Dengan menunjuk Alenka Enterprise sebagai Wedding Oganizer ‘WO’ bertempat di Tjendana Bistro Jl. Sukajadi No. 181 Bandung Minggu, 19 Juli 2020 tepat pukul 09.05 WIB mereka melaksanakan prosesi ‘Ijab Kabul’ yang dicatat oleh petugas KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Margacinta.

Meski semua tetamu undangan yang hadir dibatasi serta dilakukan pengecekan suhu tubuh dan diwajibkan menggunakan masker sebagai protap yang harus dijalani, hal itu tidak mengurangi khidmat serta sah nya pertikahan mereka. Raut wajah kebahagian terpancar dari kedua mempelai setelah dinyatakan sah oleh penghulu yang diamini oleh para wali dan saksi serta kerabat terdekat yang hadir.

Usai pelaksanaan akad nikah kedua mempelai secara simbolis melakukan sungkeman kepada orang tuanya masing-masing. Kebiasaan ini bertujuan untuk meminta ijin serta do’a restunya dalam mengarungi bahtera rumah tangga mereka.


“Mohon doa dan restunya kepada saudara dan teman-teman supaya pasangan Mbak Mel dan Ka Adit menjadi keluarga yang sakinah mawwadah warrahmah dan langgeng”, ujar Alma selaku adik dari mempelai perempuan sebagai perwakilan keluarga kepada tim MG.

Pada kesempatan yang sama beliau menyampaikan permohonan maaf kepada saudara dan kerabatnya yang tidak bisa mereka undang. Ini semua bukan faktor kesengajaan melainkan peraturan pemerintah yang mewajibkan mengurangi kuota tetamu yang hadir pada setiap resepsi yang dilakukan ditengah pandemi seperti sekarang ini.
“Mudah – mudahan virus Covid 19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia segera berakhir, supaya kita semua benar- benar bisa hidup normal”, pungkasnya.

Baarakallahu laka, wabaa roka alaika, wa jama’a bainakumaa fii khoiir“.
Artinya : Semoga Allah karuniakan berkah kepadamu, dan semoga Ia (Allah) melimpahkan berkah kepadamu, dan semoga Ia (Allah) menghimpun kalian berdua dalam kebaikan.

Atas nama keluarga besar staf redaksi media Magazine Indonesia (themagnesianews.com) beserta jajaran jurnalisnya turut berbahagia serta mengucapkan selamat menempuh hidup baru buat pasangan Mel dan Adit. (Widhia MG)

Fotografer : Dinto MG

Visits: 7

Bagikan Link :