ARTIKELHUKUM DAN KRIMINALINTERNASIONALPENDIDIKANPOPULAR

Harmonisasi Pancasila dengan Prinsip-Prinsip Hukum Internasional dalam Menuju Tata Hukum yang Berkeadilan

Penulis : Surya Sanjaya

Sumber : Berbagai Sumber

 

MAGAZINE INDONESIA – Bandung, Pancasila, dasar ideologi dan filsafat negara Indonesia, memiliki peran penting dalam pembentukan tata hukum yang berkeadilan. Selain itu, Pancasila juga memiliki relevansi yang signifikan dalam konteks hukum internasional.

Pancasila dalam Perspektif Hukum Internasional

Pancasila merupakan dasar filosofis bagi negara Indonesia, yang mempengaruhi pembentukan kebijakan luar negeri dan penerapan norma-norma hukum internasional oleh Indonesia. Selain itu, Pancasila juga memiliki relevansi yang signifikan dalam konteks hukum internasional. Sebagai ideologi dan dasar negara, Pancasila mempengaruhi pembentukan kebijakan luar negeri dan penerapan norma-norma hukum internasional oleh Indonesia.

Harmonisasi Pancasila dengan Prinsip-Prinsip Hukum Internasional

Harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional bertujuan untuk menciptakan tata hukum yang berkeadilan. Pancasila, sebagai dasar filosofis bagi negara Indonesia, memiliki peran penting dalam pembentukan tata hukum yang berkeadilan. Dalam hal pembentukan perjanjian internasional dan kerjasama bilateral atau multilateral, Indonesia sering kali menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kerjasama internasional, termasuk dalam isu-isu seperti hak asasi manusia, perdamaian, dan keamanan global.

Tantangan dalam Harmonisasi Pancasila dengan Prinsip-Prinsip Hukum Internasional

Salah satu tantangan dalam harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional adalah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam peraturan perundang-undangan. Dalam penelitian, dilakukan analisis fungsi seleksi serta aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan ratifikasi hukum internasional, sehingga dapat disimpulkan suatu pedoman seleksi untuk dijadikan acuan dalam memutuskan suatu hukum perjanjian internasional penting atau tidak untuk diratifikasi.

Prospek ke Depan

Prospek ke depannya, harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional akan terus berperan sebagai landasan bagi Indonesia dalam berinteraksi di panggung internasional. Pancasila akan dapat diintegrasikan ke dalam norma dan praktek hukum internasional, yang akan memberikan kontribusi Indonesia terhadap tatanan hukum internasional yang lebih adil dan harmonis.

Harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional adalah penting untuk menciptakan tata hukum yang berkeadilan. Sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia, Pancasila memiliki peran penting dalam pembentukan kebijakan luar negeri dan penerapan norma-norma hukum internasional oleh Indonesia. Dalam pembentukan perjanjian internasional dan kerjasama bilateral atau multilateral, Indonesia sering kali menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kerjasama internasional. Tantangan dalam harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional adalah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam peraturan perundang-undangan, serta pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam praktik diplomasi. Prospek ke depannya, harmonisasi Pancasila dengan prinsip-prinsip hukum internasional akan terus berperan sebagai landasan bagi Indonesia dalam berinteraksi di panggung internasional. Red. S. Sanjaya

Visits: 208

Bagikan Link :