POPULAR

Jokowi Siapkan Kawasan Apparel Park, Guna Tingkatkan Daya Saing Industri Tekstil

themagnesianews.com |JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyiapkan kawasan untuk membangun apparel park. Kawasan tersebut nantinya akan menjadi kawasan bagi industri tekstil.
Nantinya akan mengumpulkan industri yang berkaitan dengan tekstil mulai dari bahan baku hingga produk jadi.

“Kita sudah mulai siapkan, sebuah kawasan atau yang dulu ingin dibangun adalah apparel park,” ujar Jokowi saat bertemu pengusaha tekstil di Istana Merdeka, Kamis (21/11).
Berikutnya, yang juga segera ditindaklanjuti oleh pemerintah, kata Jokowi adalah menaikkan nilai maupun kuantitas ekspor, yang mana itu juga dikontribusikan oleh tekstil.
“Saya kira dua hal itu yang mungkin kita ingin tindaklanjuti hari ini,” sebutnya.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, untuk meninjau pusat logistik berikat.
“Termasuk juga nanti Bu Menkeu berkaitan pusat logistik berikat di mana ternyata di situ banyak masuk barang-barang yang diproduksi oleh industri tekstil kita yang menjadi pesaing berat pada saat dijual di pasar. Tiga hal itu saya kira,” jelasnya.

Jokowi menambahkan, pertemuan dengan asosiasi pengusaha di bidang tekstil merupakan tindak lanjut dari pertemuan di bulan September. Jokowi berharap dengan kabinet baru, pihaknya bisa menyambung apa yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.
Kemudian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman.

Sementara pengusaha tekstil yang hadir antara lain, Ketua Umum API Ade Sudrajat, Direktur Utama PT Sritex Iwan Lukminto, Wakil Direktur PT Pan Brothers Anne Patricia Sutanto, Direktur Utama PT Rayon Utama Mandiri Purnomo.(Ly)

Visits: 26

Bagikan Link :