Sempat Terdampak, Penyerapan Tenaga Kerja Jawa Barat Kembali Bergerak Positif

MAGAZINE INDONESIA / JABAR merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak industri besar seperti didaerah kota Bekasi atau pun Karawang. Hal ini seharusnya bisa menekan angka pengangguran di Jawa Barat.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Jawa Barat Memo Hermawan mengatakan bahwa tingkat pengangguran ini dipicu adanya pandemi Covid-19 sehingga angka pengangguran di Jawa Barat meningkat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2021 mencapai 8,75 juta jiwa.

“Pengurangan mobilitas di industri menyebabkan proses produksi terganggu sehingga industri memilih untuk memberhentikan sementara produksinya saat PPKM Darurat lalu. Imbasnya, pekerja-pekerja ini dirumahkan sementara. Untuk sekarang sudah mulai berjalan kembali,” ujar Memo di Bandung, Kamis (14/10/2021).

Dia juga menambahkan, perekonomian di Jawa Barat sudah kembali hidup dengan adanya penerapan protokol kesehatan dibeberapa titik tertentu dan juga meningkatnya jumlah penerima vaksin. Hal ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Jawa Barat .

“Kita berharap dengan meningkatnya kegiatan industri dapat kembali menyerap tenaga kerja terutama di sektor-sektor industri yang kembali tumbuh positif.” Ucap Memo.

Selain itu meningkatnya penyerapan tenaga kerja di sektor industri besar, Memo berharap agar sektor UKM dan UMKM dapat menurunkan secara signifikan angka pengangguran di Jawa Barat.

“Dengan mulai pulihnya ekonomi indonesia juga berimbas ke sektor UKM dan UMKM yang kembali bangkit dibantu dengan transformasi digital yang meningkatkan daya saing yang diharapkan dapat berimbas kepada penyerapan tenaga kerja”ucap Memo.

(Red MG/Ly)

Bagikan Link :