BERITA

Reses Anggota Dewan Di Masa Pandemi

MAGAZINE INDONESIA || themagnesianews.com – Kota Bandung – Seluruh anggota Dewan DPRD Kota Bandung periode 2019 -2024 secara berbarengan melaksanakan reses, meski kita semua tahu polemik pandemi Covid 19 belum juga usai dimuka bumi ini. Hal ini merupakan agenda wajib bagi para anggota dewan untuk terjun langsung ke masyarakat guna mendengarkan aspirasi mereka yang selanjutnya dicatat dan disampaikan kepada pihak yang lebih berkompeten untuk kemudian direalisasikan.

Gelaran reses tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain harus menjalankan protokol kesehatan peserta reses pun dibatasi hanya 5 orang. Rabu 22 Juli 2020 merupakan hari ke-2 reses yang dilakukan oleh H. Yusup Supardi, S.IP., dari 6 hari yang dijadwalkan dari mulai tanggal 21 Juli s/d 26 Juli 2020. Bertempat di pendopo rumah tinggalnya yang terletak di Komplek Wartawan kawasan Ujung berung beliau mengundang perwakilan remaja mesjid setempat beserta perwakilan warga lainnya yang disaksikan oleh Ade Suratman sebagai Sekwan DPRD Kota Bandung.

Dengan tutur sapa nan santun serta penuh keakraban anggota dewan yang diusung Partai Persatuan Pembangunan ini mempersilahkan para peserta reses untuk menyampaikan aspirasinya.
Widhi Sebagai perwakilan warga Ujungberung dan juga pelaku media meminta agar dibuatkan tempat untuk menampung para komunitas motor yang ada di Bandung Timur khususnya wilayah Ujungberung. Bila perlu lakukan pendataan serta penataan keberadaan mereka guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Setiap malam minggu disepanjang jalan A.H. Nasution sampai bundaran Cibiru banyak berjejer komunitas motor yang berkerumun dipinggir jalan atau trotoar”, ujar Widhi.

Tentunya secara tidak langsung keberadaan mereka menggangu ketertiban lalulintas dan ketertiban umum. Diberikannya wadah tempat berkumpul mudah-mudahan dapat menghapuskan stigma buruk yang selama ini melekat pada mereka. “Terlebih jika ada pembinaan serta perhatian dari aparat pemerintah kesan arogan terhadap para komunitas akan bisa hilang”, pungkas nya.

Pada kesempatan yang sama Arief F beserta dua orang rekan nya selaku perwakilan dari remaja mesjid setempat berkesempatan meminta bantuan serta petunjuk dari anggota dewan kharismatik dan religius yang juga Sesepuh bagi warga diwilayahnya. Mereka berkeinginan mengaktifkan kembali pengajian rutin bagi para pemuda yang dirasa sudah agak berkurang antusiasnya. “Kita berharap dengan hadirnya beliau sebagai pembina sekaligus konseptor bagi remaja mesjid animo para pemuda semakin bertambah”, ujar Arif yang di amini oleh Ega Erlangga dan Wana Anugerah Setia.

Ia pun menambahkan, semua itu bukan tanpa sebab dan alasan sosok nya yang memiliki jiwa sosial tinggi dan ramah menjadikan ia sebagai figur bapak bagi keluarga dan masryakat sekitar. Bahkan warga sekitar tak segan-segan meminta bantuan baik moral maupun materil, pintu rumah nya selalu terbuka bagi siapapun.

Setelah mendengarkan aspirasi dari perwakilan para peserta reses yang hadir beliau berjanji akan menyampaikan serta akan membantu secara pribadi apabila diperkenankan. Semua aspirasi masyarakat ditulis secara detail oleh Asep Sulaeman, S.Ag, selaku asisten pribadinya.
Meskipun pelaksanaan reses tahun ini berlangsung sangat sederhana namun tidak mengurangi nilai serta khidmatnya gelaran.

” Khusus untuk para remaja mesjid apabila membutuhkan tambahan kitab suci Al-qur’an guna menunjang aktivitas nya saya siap membantu”, ucapnya.

Tugas pokok dan fungsi seorang anggota dewan sebagai penyampai aspirasi massa , untuk itu sinergitas dengan berbagai elemen masyarkat harus selalu dijaga terlebih dengan para pemuda. Karena maju mundurnya pemerintahan kedepan ditentukan oleh sikap serta keberhasilan para pemudanya yang kelak akan memimpin serta menentukan kebijakan.

Dipenghujung acara reses yang singkat dan sederhana namun cukup bermakna tersebut para peserta reses dipersilahkan mencicipi hidangan yang disediakan. (DintoMG/Widhi MG).
Fotograper : Adis F Nossa MG

Visits: 21

Bagikan Link :