BERITADAERAH

Hari Peristiwa Bandung Lautan Api, 24 Maret 2024

MAGAZINE INDONESIA – Bandung, 24 Maret 2024, Tanggal 24 Maret 2024 merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini merupakan pembumihangusan kota Bandung yang dilakukan oleh masyarakat Bandung sebagai bentuk respons atas ultimatum oleh Sekutu yang memerintahkan untuk mengosongkan Bandung agar tidak menjadi markas sekutu dan NICA (Belanda).

Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api berawal dari kedatangan pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Brigade MacDonald pada 12 Oktober 1945. Saat itu, kondisi semakin memanas karena penduduk wajib menyerahkan senjata ke Sekutu. Namun, perintah tersebut tidak berlaku bagi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan polisi. Selang beberapa waktu, terjadi bentrok antara Sekutu dengan TKR karena orang-orang Belanda yang baru saja bebas dari kamp tahanan mengacaukan TKR dan badan perjuangan lainnya lalu melakukan serangan terhadap markas-markas Sekutu di Bandung, khususnya markas besar yakni Hotel Homan dan Hotel Preanger pada 24 November 1945.

Sekutu mengeluarkan ultimatum pertama pada 23 Maret 1946, menuntut pemerintah sipil, polisi, dan penduduk sipil untuk segera mengosongkan Bandung Selatan. Namun, TRI (Tentara Republik Indonesia) dan masyarakat menolak tawaran pinjaman 100 truk dari Sekutu. Pada 23 Maret 1946, pukul 21.00, bumi hangus kota pun dilakukan sebagian, yakni di Banceuy, Cicadas, Braga dan Tegallega, dan gedung pertama yang dibakar adalah Bank Rakyat.

Pada 24 Maret 1946, pukul 21.00, TKR dan masyarakat mulai mengosongkan Bandung Selatan dan mengungsi ke selatan kota. Mereka melakukan aksi bakar wilayah agar tidak dapat dimanfaatkan oleh Belanda. Pembakaran diawali pada pukul 21.00 di Indisch Restaurant di utara Alun-alun (BRI Tower sekarang). Bersamaan dengan itu, TRI melakukan serangan ke wilayah utara sebagai “upacara” pengunduran diri dari Bandung, yang diiringi kobaran api sepanjang 12 km dari timur ke barat Bandung.

Peringatan dan Perayaan Hari Peristiwa Bandung Lautan Api, Setiap tanggal 24 Maret ditetapkan sebagai Hari Peristiwa Bandung Lautan Api. Selain itu, tanggal 24 Maret juga diperingati sebagai hari lain, yakni hari Hari Tuberkulosis Sedunia.

Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan bagian penting perlawanan rakyat Bandung terhadap Belanda. Sebagai bagian dari sejarah Indonesia, peristiwa ini menjadi pemahaman bagi masyarakat tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Sekutu.

Hari Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan hari yang diperingati setiap tahun, yang diingat oleh masyarakat Indonesia sebagai bagian dari sejarah nasional. Peristiwa ini menjadi pemahaman bagi masyarakat tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Sekutu. (Red. S. Sanjaya)

Visits: 18

Bagikan Link :