BERITA

Jebol Plafon 9 Tahanan BNNP Jambi Berhasil Kabur

MAGAZINE INDONESIA || themagnesianews.com – JAMBI – Sebanyak 9 tahanan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi berhasil kabur dari sel tahanan. Mereka kabur dengan cara membobol teralis atas sel serta membobol plafon guna naik ke atas genteng. Diperkirakan para tahanan tersebut kabur sekitar pukul 03.30 WIB Senin (24/8/2020).

Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjen. Pol. Dwi Irianto saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Ia menjelaskan bahwa dari ke-9 tahanannya tersebut 2 orang diantaranya berhasil ditangkap kembali sesaat setelah mereka berada diluar sel. Sedangkan 7 orang tahanan yang berhasil kabur saat ini masih dalam proses pengejaran.

“Tidak lama setelah mereka kabur, lima menit kemudian dua orang berhasil ditangkap, sisanya masih dalam pengejaran”, ujarnya.

Pada saat tahanan kabur kebetulan sebagian penjaga tahanan sedang melakukan penyidikan terhadap tahanan lain. “Sehingga 2 tahanan yang berhasil berusah kabur berhasil diamankan kembali oleh para petugas yang berpatroli”, tambah Dwi.

Kondisi sel tahanan yang sudah tidak memadai disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab mudahnya para tahanan tersebut untuk melarikan diri.
“Gedung sel tahanan yang ada sekarang belum memenuhi standar, ditambah dengan usia gedungnya yang sudah tua”, sambungnya.

Biasanya para tahanan sebagian dititipkan di Lapas kelas II A atau BNN Kota Jambi. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 tempat tersebut tidak bisa menerima penitipan tahanan. Sehingga kondisi itu mengakibatkan sel bagi para tahanan yang ada melebihi kapasitas (Over Kapasitas).

“Satu kamar sel dihuni kurang lebih 10 orang saat ini, secara idealnya satu kamar yang ada sekarang diperuntukan buat 4 orang tahanan”, ungkap beliau.

Dipenghujung keterangan persnya beliau menambahkan saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap para tahanan mereka yang berhasil kabur.
“Mudah-mudahan anggota kami dapat sesegera mungkin menangkap tahanan yang kabur”, pungkasnya.

Untuk diketahui ke – 7 tahanan yang berhasil kabur tersebut yakni Deni, Rama, Ade Candra, Rudi, Tarmizi, Nasrudin dan Real. Sedangkan 2 orang tahanan yang berhasil ditangkap kembali yakni Iyas dan Peter. (Red MG).
Sumber : jambione.com /yuf.

Visits: 20

Bagikan Link :