Ketua Fraksi PDI-P DPRD Jabar Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM

MAGAZINE INDONESIA/ JABAR – UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada.

Penduduk jawa barat menjadi salah satu penduduk terpadat di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Barat lebih dari 45 juta penduduk ada dan tinggal di Jawa Barat dimana data ini seiring sejalan dengan banyaknya masyarakat yang juga membangun mata pencarian dengan berwirausaha, menjadi sebuah fakta salah satunya adalah bahwa Jawa Barat menjadi penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) terbesar di Indonesia.

Melihat potensi usaha yang besar dan kekuatan masyarakat dalam upaya berdikari seharusnya menjadi khusus kita, tak terkecuali Ketua Fraksi PDI-P Jawa Barat yang ikut menyampaikan setelah menyelesaikan rapat paripurna, dalam kesempatan itu ketua Fraksi menyampaikan bagaimana inovasi masyarakat serta jiwa Entrepreneur yang ada di jawa barat juga harus di dukung oleh masyarakatnya juga dalam hal pembelian produk.

“pebisnis lokal kita ini banyak, khususnya UMKM di Jawa Barat dan mereka memiliki banyak produk yang baik secara kualitas dan juga mampu bersaing secara pasar nasional” ucap ketua Fraksi,

Lebih tegas lagi dalam kesempatan itu beliau juga sampaikan bahwa dengan membeli produk-produk UMKM Jawa Barat dapat membuat perputaran serta peredaran uang yang ada dapat berjalan,

bayangkan saat ini kalau uang yang ada di kantong masyarakat jawa barat, dibelanjakan untuk produk yang usahanya sentralistik, perputaran uangnya kan tidak merata di setiap sendi masyarakat, apalagi kalau kita belanja ke luar negeri”, tambahnya.

Di akhir sebelum meninggalkan ruangan Ketua Fraksi yang lebih akrab di panggil dengan Kang Memo berpesan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membeli produk UMKM yang ada khususnya produk Jawa Barat, kita secara tidak langsung telah menerapkan prinsip-prinsip gotong royong yang terkandung di dalam PANCASILA.

(Red MG / Ly)

Bagikan Link :