ARTIKELHUKUM DAN KRIMINALPOPULARRAGAM

Pemahaman Pancasila dalam Pembentukan Kebijakan Hukum di Indonesia, Tantangan dan Prospek ke Depan

Penulis : Surya Sanjaya

Sumber : Berbagai Sumber

MAGAZINE INDONESIA – Bandung, Pancasila adalah dasar ideologi dan filsafat negara Indonesia yang berperan penting dalam pembentukan konstitusi dan hukum di Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila memberikan panduan ideologis dalam pembentukan kebijakan publik yang adil dan menguntungkan bagi seluruh rakyat. Dalam pembentukan kebijakan hukum, Pancasila memiliki peran yang vital.

 

Pancasila Sebagai Sumber Hukum

Pancasila merupakan dasar hukum di Indonesia, yang memiliki kedudukan sebagai sumber hukum tertinggi dalam hierarki peraturan perundang-undangan. Dengan mengacu pada teori Hans Nawiasky, Pancasila merupakan Staatsfundamentalnorm atau norma fundamental negara, yang berperan sebagai dasar abstrak dan sumber hukum.

 

Pancasila Sebagai Kaidah Penuntun dalam Pembentukan Hukum

Pancasila merupakan norma dasar negara Indonesia, yang memiliki peran penting sebagai grundnorm atau norma dasar dalam pembentukan hukum. Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, Pancasila harus dipertimbangkan sebagai dasar penuntun.

 

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam peraturan perundang-undangan adalah penting untuk menciptakan masyarakat yang segala perbuatan dan hubungan antarmanusia dijiwai oleh Pancasila. Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, partisipasi dan peran aktif masyarakat terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila juga akan menentukan keberhasilan penerapan.

 

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Hukum

Pancasila memiliki peran dalam pembangunan hukum di Indonesia, sebagai dasar pengembangan ilmu hukum dalam kerangka sistem kenegaraan Indonesia.

 

Tantangan dan Prospek ke Depan

Tantangan terhadap penerapan Pancasila dalam pembentukan kebijakan hukum di Indonesia antara lain adalah kesulitan dalam mendapatkan sumber daya manusia yang memahami nilai-nilai Pancasila, mengetahui ikhwal kebijakan publik pemerintah, dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

Prospek ke depannya, Pancasila akan terus berperan sebagai dasar ideologi dan filsafat negara Indonesia, yang akan membantu dalam pembentukan kebijakan hukum yang adil, menguntungkan, dan memperjelas nilai-nilai yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Visits: 84

Bagikan Link :