DAERAHRAGAM

Wisata Pantai Eksotik Dengan Aneka Kuliner

MAGAZINE INDONESIA || themagnesianews.com – Rancabuaya, Garut Selatan – Selain terdiri dari berbagai pulau secara geografis letak negara kita diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia dipengaruhi angin muson barat dan angin muson timur sehingga memiliki dua musim, musim hujan serta musim kemarau. Dengan letak tersebut di negara kita banyak bertebaran pantai – pantai eksotik dengan berbagai ragam keunikan, hampir disetiap provinsi memiliki wisata pantai.

Jawa Barat merupakan salah satu pemilik wisata pantai yang cukup menjanjikan dengan keunikan serta daya tarik yang berbeda. Salah satunya adalah pantai Rancabuaya yang berada dikawasan Garut Selatan.

Rancabuaya termasuk salah satu pantai komersil dan merupakan pantai alternatif yang dikelola oleh pemerintah Jawa Barat khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Garut.

Guna menikmati keindahan serta pesona pantai Rancabuaya para pengunjung dikenakan tarif Rp. 5000/ orang weekday ( senin s/d jum’at) serta Rp.10.000/ orang weekend (Sabtu- Minggu). Biaya tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya pemeliharaan dan perawatan juga keamanan para pengunjung di area pantai.

Untuk sampai ke lokasi pantai tersebut dibutuhkan perjuangan dan waktu yang cukup panjang. Dari pusat kota Bandung bisa ditempuh selama 7 jam apabila melalui jalur Garut kota, namun bisa ditempuh dengan 5 jam jikalau melewati arah Pangalengan (jalur alternatif) dengan resiko jalanan terjal sempit dan berbukit. Akan tetapi rasa capek dan lelah akan terbayar setelah sampai di pantai yang sudah masuk dan terdaftar di situs Wikipedia.

Selain ke eksotikan wisata pantainya Rancabuaya terkenal dengan wisata kuliner, hal itu terbukti dengan keberadaan rumah makan yang berderet di sepanjang bibir pantai.

Dari sekian banyak rumah makan yang ada ‘Ikan Bakar Mang Cevi’ merupakan tempat favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain posisinya yang strategis, kebersihan dan keramahtamahan pelayanannya menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk makan di tempat yang sudah dikelolanya selama 15 tahun. Rumah makan Mang Cevi beralamat dipelabuhan RT. 004 RW. 003 Purbayani, Caringin Kabupaten Garut, buka setiap harinya mulai dari pukul 06.00 WIB – 00.00 WIB.

“ Pada umumnya setiap rumah makan yang ada disini menawarkan menu yang hampir sama yaitu ikan bakar “, ujar Cevi kepada tim MG Minggu 26 Juli 2020.
Ia menambahkan, guna menarik para wisatawan rumah makannya memiliki beberapa menu andalan serta resep yang berbeda untuk memanjakan para konsumennya. Seperti kakap merah bakar, kakap putih bakar, kuwe bakar, udang asam manis, cumi asam manis, udang goreng tepung dan cumi goreng tepung.

Ikan Bakar Mang Cevi menawarkan beragam pilihan menu makanan dengan rasa yang sangat khas serta bahan yang selalu segar dan higienis. Hampir seluruh ikan dan menu makanan yang dijualnya merupakan hasil para nelayan serta petani yang ada di pesisir pantai tersebut. Namun jikalau sedang berkurang hasil tangkapan ikannya, mereka biasanya membeli dari nelayan di wilayah pantai Pameungpeuk, Cidaun atau Pantai Jayanti.

Saat ini beliau memiliki 5 Gazebo untuk memanjakan para konsumennya dalam menyantap hidangan yang disajikan tentu dengan view yang menarik karena Gazebo nya menghadap serta berada dibibir Pantai.

Namun seiring mewabahnya Virus Covid 19 yang hingga saat ini belum usai mengakibatkan berkurangnya para pengunjung. Tentu semua itu berdampak terhadap perekonomian masyarakat sekitar yang mengandalkan usahanya dikawasan pantai.
“Mudah-mudahan seiring dengan adanya pelonggaran serta kebijakan pemerintah memperbolehkan dibukanya kembali kawasan wisata keberadaan Pantai Rancabuaya akan kembali ramai seperti semula”, tandas Cevi yang juga Kadus ( Kepala Dusun ) diwilayahnya.

Dalam waktu dekat untuk mengembangkan usaha kulinernya beliau berencana akan membuka cabang rumah makannya di seputaran Pantai Jayanti dan Sayangheulang.
Dipenghujung perbincangannya dengan kami selain menerima layanan secara langsung Ikan Bakar Mang Cevi menerima pesanan terlebih dahulu dengan menghubungi 0852.3113.3023 – 0852.2400.9705.( Cinthya MG/ Red ).
Fotograper : Dinto MG

Visits: 9

Bagikan Link :