INTERNASIONAL

Gempa berkekuatan 6,4 skala richter Hantam Albania

themagnesianews.com | Gempa kuat berkekuatan 6,4 skala richter melanda wilayah ibukota Albania, Selasa pagi (26/11), Guncangan gempa menyulut kepanikan di ibu kota Tirana dan kota pesisir Durres yang menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai ratusan lainnya disebabkan oleh satu bangunan tinggi runtuh.

Berdasarkan hasil Survei Geologi Amerika mengatakan gempa itu berkekuatan 6,4 Skala Richter dengan pusat gempa sekitar 30 kilometer arah barat laut dari ibu kota, Tirana.

Guncangan gempa juga diikuti beberapa gempa susulan, termasuk salah satunya yang berkekuatan 5,3 magnitudo.

“Ada kerusakan yang cukup besar,” terang juru bicara Kementerian Pertahanan Albana Qajahaj kepada AFP, Selasa (26/11).

Kementerian Pertahanan Albania melaporkan sebuah hotel tingkat tiga di Durres runtuh, sementara bangunan lain di pusat kota rusak parah. Kerusakan juga dilaporkan terjadi di Thumana, sekitar 30 kilometer dari Tirana.

“Sedikitnya 50 orang cedera ringan dirawat di rumah sakit ibu kota. Namun, sampai saat ini, belum ada informasi terkait jatuhnya korban jiwa,” Ungkap Ogerta Manasterliu Menteri Kesehatan Albania.

Tim SAR bekerja keras untuk menemukan dan membebaskan orang-orang dari bangunan yang rusak atau hancur. Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan mayat tiga orang ditemukan di antara puing-puing sebuah gedung apartemen di kota Durres.

Selain itu, Anggota tim SAR menemukan dua orang mayat lainnya di bawah puing-puing gedung yang runtuh di desa Thumane, sementara seorang lainnya tewas setelah melompat keluar dari sebuah gedung di Kurbin.

Guncangan gempa yang melanda Albania tersebut bahkan terasa di seluruh negara-negara Balkan, mulai dari Sarajevo hingga Bosnia. Bahkan menurut laporan media lokal dan media sosial, guncangan gempa juga terasa sampai di kota Novi Sad, Serbia, yang terletak hampir 700 kilometer.

Negara-negara di daerah Balkan rentan terhadap aktivitas seismik dan kerap diguncang oleh gempa bumi. (S. Sanjaya MG)

Visits: 19

Bagikan Link :