DAERAH

Karang Taruna Kabupaten Karawang Adakan seminar

themagnesianews.com | Karawang, Karang Taruna Kabupaten Karawang gelar Acara seminar dengan tema “Action Preneur Academy ” yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Brizt Karawang, pada Jumat (27/12/19).

Acara tersebut diikuti oleh perwakilan Karang Taruna Kecamatan dan para mahasiswa dari Unsika dan UBP. Tujuan pelaksanaan Action Preneur Academy untuk mengajak para pemuda untuk merubah mainsetnya menajdi pengusaha dengan harapan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Karang Taruna setelah seminar ini akan terus mengawal hingga mendapatkan investor bagi mereka atau peserta yang ingin menjadi pengusaha.

Disela sela acara Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang Asep Saepulloh (Asep Ceong) mengatakan

“Ini adalah program Karang Taruna Kabupaten Karawang setelah kita selama seminggu ikuti kegiatan di Karang Taruna Provinsi Jabar salah satunya ada acara Action Preneur Academy.” ungkapnya.

Kami memohon untuk di Karawang untuk dihadirkan acara seminar tersebut. Alhamdulilah hari ini sudah terlaksana acara tersebut.
Mudah-Mudahan kedepannya bukan seminar saja kita akan adakan workshop, koching dan berkumpul dengan pengusaha di Kabupaten karawang khususnya dari karang taruna kita merubah meanset menjadi seorang pengusaha.

Yang hadir dari karang taruna sendiri,dari kecamatan-kecamatan hadir, mahasiswa Unsika dan UBP juga kita ikut sertakan karena mereka bagian dari warga Karang Taruna.

Kedepannya ada roadshow ke desa-desa karena kita sudah koordinasi dengan Kang Billy (Pengurus Karang Taruna Provinsi) di Karawangpun nanti akan ada training. Tarining untuk trainer Action Preneur tersebut, mewakili Karawang supaya kita nyampe ke gressroot bawah.

Kita akan sonding ke masing-masing kecamatan untuk menghadirkan masing-masing desa, adapun potensi yang harus digali masing-masing desa mungkin punya keahliannya masing-masing. Usaha apa yang akan digali oleh masing-masing tempat tersebut.
lebih lanjut Asep Ceong mengatakan
“Pembicaranya perwakilan dari Karang Taruna Provinsi atau pengusaha yang dari nol sekarang berhasil yaitu Kang Billy Koordinator Bidang Penguatan Ekonomi Pemuda.

Kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya tidak hanya pengusaha saja salah satunya kita akan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) karena karang taruna sampai ke desa itu belum memahami. Jadi kita kaderisasi dan penguatan organisasi kedepannya akan seperti itu.Pungkas nya.

Sementara itu Pengurus Karang Taruna Jabar Billy Imam Subekti Koordinator Bidang Penguatan Ekonomi Pemuda sekaligus sebagai pembicara di seminar Action Preneur mengatakan

“Kita tidak akan pernah bisa jadi apa-apa karena kita tidak mengkolaborasikan, dan cara mengkolaborasikan itu adalah harus membuka dulu mainsetnya. Action Preneur diadakan itu untuk membuka mainset kalau kita mau membuka mainset itu harus kemana kalau bukan ke karang taruna, karena di karang taruna semua pemuda mulai dari usia 13 sampai 45 itu adalah di karang taruna”, tambahnya

“Jadi menurut kita sebagai pengurus baik Jabar maupun Karawang sepakat bila kita ingin merubah mainset itu harus dari pemuda. Kita Action Preneur merubah mainset adalah memberitahu bahwa usaha itu bukan hal yang hina, usaha itu bukan serabutan, usaha itu adalah menuju menjadi kaya. Dan sehingga kita bisa membuka wacana nanti pembicara-pembicaranya ada di workshop”, sambung Billy.

“Jadi setelah seminar kita akan mengawal terus, mulai dari seminar, lari ke workshop , koching setelah itu kelompok usaha, nanti kita akan pertemukan dengan investor jadi membuka lapangan kerja sendiri. Kita kawal terus sampai bertemu dengan investor. Ketua Karang Taruna Jabar, Kabupaten, Kota dan seluruh Jawa Barat sepakat bahwa kita itu harus mengangkat warga Jabar itu, pertama akhlaknya di usia anak-anak sekolah kemudian pemberdayaan masyarakat. Rakyat disuruh berdaya kalau orang sudah berdaya masalah hilang dan tidak akan ada lagi masalah sosia”, Pungaks kang Billy. (M.K)

Visits: 7

Bagikan Link :