BERITA

Ribuan Buruh Kepung PTUN Guna Mengawal Putusan Sidang Gugatan Terhadap Gubernur Jawa Barat

MAGAZINE INDONESIA ||themagnesianews.com – Bandung, Jawa Barat – Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai serikat yang ada di Jawa Barat hari ini (Selasa,28/07/2020) turun ke jalan guna menyampaikan aspirasi di depan PTUN serta mengawal pembacaan putusan gugatan Apindo dengan mendaulat Gubernur Jabar sebagai tergugat.

Selain itu seluruh aliansi pekerja dengan tegas menolak RUU Omnibus Law yang tidak layak ditetapkan dinegara kita. Nampak di lapangan peserta aksi bukan hanya dari Kota dan Kabupaten Bandung saja. Perwakilan dari Cimahi, Purwakarta, Garut, Karawang dan Bekasi nampak hadir dan berbaur.

“ Hari ini sidang putusan di PTUN mengenai perkara gugatan dari Apindo tentang Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat “, ungkap Rajinto Ketua PC-TSK SPSI Kota Bandung.

PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negar) direncanakan akan membacakan putusan gugatan yang dilayangkan Apindo tentang SK Gubernur Jawa Barat Tahun 2020, Apakah mereka lebih mendengarkan para pengusaha atau buruh.

“ Apindo menginginkan agar surat edaran kembali lagi pada surat keputusan, kami para Buruh sangat berharap semoga menang. Karena dari tahun ke tahun kita selalu berpacu pada SK, baru tahun ini Gubernur Jawa Barat dan merupakan satu-satunya gubernur di Indonesia yang menetapkan dalam bentuk surat edaran “, tambah Rajinto.

“ Langkah ini harus kita pertahankan, karena dengan SK pun masih banyak perusahaan yang tidak melaksanakan apalagi dengan surat edaran yang dianggap sunah, yang wajib saja masih banyak yang lalai “, ucapnya.

Ada 31 organisasi yang tergabung dalam Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) yang ada di Jawa Barat. Sejatinya pembacaan putusan sidang akan dibacakan pukul 11.00 WIB namun mengalami penundaan dan baru dapat dilakukan tepat pukul 13.00 WIB.

Perjuangan serta kesabaran peserta aksi demo membuahkan hasil yang baik meski harus menunggu sedari pagi. Pembacaan keputusan yang disampaikan oleh majelis hakim dan disaksikan oleh pengacara tergugat disambut gembira oleh perwakilan buruh dipersidangan. Nampak hadir diruang sidang ketua DPD FT SPSI Jawa Barat sebagai perwakilan dari serikat buruh dan pekerja lainnya. Pembacaan putusan yang berlangsung selama 2 jam ini dapat diterima baik oleh penggugat maupun kuasa hukum tergugat.

Setelah mengawal pembacaan putusan di PTUN, massa yang menggelar aksi damainya melakukan longmarch melanjutkan aksinya menyampaikan aspirasi meraka di depan Gedung Sate yang merupakan kantor dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Masa pendemo dengan tegas menolak RUU Omnibuslaw yang dirasa tidak cocok diterapkan di negara kita, serta menolak UU TAPERA yang membuat para karyawan akan terbebani lagi. Hal itu dapat dilihat dari banyak nya spanduk yang dibawa serta disertakan dalam menyampaikan orasi dan aspirasinya. (Dinto MG/Widhi MG).

Fotografer : Adis F. Nosa

Visits: 19

Bagikan Link :