DAERAH

Kericuhan Dua Ormas Di Kab. Tangerang Akibat Kesalahfahaman Berakhir Damai

TANGERANG – themagnesianews.com || Terkait beredarnya Video Ormas BPPKB mengenai pernyataan dari Ketua DPC BPPKB Kab. Tangerang Ari Asari Marnan, hingga membuat Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kab. Tangerang, Zulkarnaen. SE, bersama seluruh anggota PP merasa tidak terima dengan beredarnya Video yang di unggah di Media Sosial (Medsos).

Alhasil dengan adanya pernyataan tersebut, pihak Ormas PP pada hari Jumat, (29/05/2020) Pukul 16:00 WIB, berencana akan melakukan pergerakan menuju kantor DPC BPPKB Kab. Tangerang di Jl. Citra Raya Boulevard, Mekar Bakti Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Mendapat Informasi adanya rencana pergerakan dari Ormas PP, maka seluruh anggota Ormas BPPKB berkumpul di Sekretariat Kantor di Jl. Citra Raya Boulevard.

Melihat gelagat yang demikian, maka pada Pukul 17:30 WIB, Pihak Kepolisian melakukan Pengamanan (PAM) Wilayah Panongan dipimpin AKP H.Nana Supriatna, SH, selaku Kapolsek Panongan beserta Jajaran Personel sebanyak 10 Anggota, serta PAM Wilayah Cikupa yang dipimpin Kompol Budi Warsa, selaku Kapolsek Cikupa beserta Kanit Intel Polsek Cikupa Iptu Tio dan jajarannya, dibantu Jajaran TNI Dansub I Unit intel Kodim 0510/Trs Pelda Nurjaman, Ketua Jaring Unit Intel Kodim 0510/Trs H.Fatah, dan juga Koramil 14/Panongan sebanyak 5 Personel dipimpin Serka Samari, sebagai Babinsa Desa Ciakar, melakukan langkah persuasi dengan mendatangi seretariat kedua ormas tersebut untuk dilakukan musyawarah mufakat (Mediasi).

Mediasi dilaksanakan dilokasi kantor sekretariat masing – masing Ormas oleh Pihak TNI/Polri, dan selanjutnya diteruskan menuju Polresta Tangerang Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bentrok antara kedua belah pihak, maka pada pukul 18:30 WIB, telah dilaksanakan Mediasi oleh kedua belah pihak bersama pihak Kepolisian/TNI, dan sepakat untuk berdamai dan membuat pernyataan diatas materai.

Turut hadir dalam mediasi kedua Ormas tersebut, dari Ormas BPPKB: Ari Ashari Manan (Ketua DPC BPPKB Kab.Tangerang), Saiful Anwar (Wakil ketua), Oni.M (Ketua Bidang Orgas), Andika (Ketua bidang Hankam), dan Anggota BPPKB yakni Dika dan Imasi.

Sedangkan dari Ormas PP: Zulkarnaen (Ketua Pemuda Pancasila), Faturahman, SH (Wakil Ketua PP II MPC Kabupaten Tangerang), dan Anggota PP yakni Adi S, Gandi, dan Evan.

Menurut Kapolsek Cikupa Kompol Budi Warsa, dalam penyampaiannya dalam mediasi kedua belah Pihak Ormas itu mengatakan, adanya Kesalahpahaman kedua Ormas pada malam hari ini berkumpul dalam rangka silaturahmi untuk membahas kesalahpahaman tersebut.

Akibat Misskomunikasi yang kurang baik maka timbulah Kesalahpahaman, dan kesemuanya telah mengeluarkan Statement “. Ucapnya di Mapolresta Tangerang, Jumat, (29/05/2020) Malam.

Sambung Budi Warsa menjelaskan, ” Sebenarnya permasalahan itu sudah beres dan selesai, akan tetapi dengan adanya Video yang beredar, maka terjadilah kesalahpahaman kembali antara PP dan BPPKB, karena kedua belah pihak mengeluarkan statement yang membuat amarah para kedua anggota Ormas.

” Kami dari pihak Kepolisian meminta kepada kedua belah pihak saling mengerti, untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita, jangan sampai ada kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Saya meminta kepada dua belah pihak untuk membuat pernyataan agar permasalahan ini selesai “. Pintanya saat mediasi kedua Ormas PP maupun BPPKB yang ada di Kabupaten Tangerang.

Dalam penyampaiannya saat mediasi tersebut, Kapolsek Panongan AKP H.Nana Supriatna mengatakan, “Pada dasarnya, semua sudah disampaikan, intinya mari kita semuanya menerima dan bisa disampaikan kepada anggotanya masing-masing, bahwa permasalahan sudah selesai dan tidak ada masalah di kemudian hari “. Ucapnya saat rapat mediasi antar kedua Ormas.

Saat Penyampaian Ketua DPC BPPKB Ari Asari Marnan mengatakan, “Saya secara pribadi dan organisasi serta mewakili anggota BPPKB, mohon maaf kepada ormas PP atas kejadian ini pada pukul 17:00 WIB, datang ke salah satu Finace yang ada di citra raya kec cikupa, akan tetapi Alhamdulillah permasalahan bisa di selesaikan dengan baik. Kami juga sebenarnya tidak mau dilecehkan Karena kami juga menginginkan situasi ini menjadi aman dan kondusif, Insya Allah setelah pulang dari sini masa BPPKB akan membubarkan diri “. Terangnya saat mediasi di Mapolresta Tangerang.

Dari Ormas PP, menurut Faturahman, SH selaku Wakil Ketua II PP MPC Kabupaten Tangerang mengatakan, “Saya atas nama PP KabupatenTangerang dan mewakili Anggota PP Kabupaten Tangerang, dengan besar hati untuk menerima apapun bentuknya. Karena orang yang Mulia yang bisa memaafkan kesalahan orang lain “. Ucapnya saat mediasi.

Diketahui, terjadinya kesalahpahaman antara Ormas BPPKB dengan Pemuda Pancasila (PP) yang disebabkan Video yang beredar di Media Sosial (Medsos). Maka BIJAK-lah dalam mendapatkan Informasi dan menyampaikannya di Sosial Media (Sosmed) jangan jadikan informasi atau berita Hoaks bagi orang lain atau Warganet.

( AS )

Visits: 6

Bagikan Link :