BERITA

Kerajaan Huristak Padang Lawas Sumatra Utara Memberikan Gelar Kekerabatan

MAGAZINE INDONESIA || themagnesianews.com – Bandung – Bertempat di Hotel Grand Sunshine Soreang Kabupaten Bandung Rabu 29 Juli 2020, prosesi pemberian Gelar Kekerabatan yang diberikan langsung oleh Raja Huristak ke – XII Tondi Utama Hasibuan kepada Zsofia Sebok (Hungaria), Radharani (Ekuador), Aicha Boufenchouca (Algeria) serta Delislela Haryati dari tanah Pasundan Jawa Barat.

Keputusan pemberian gelar tersebut merupakan hasil pleno yang dilaksanakan sebelumnya. Bertempat di Bagas Godang gelaran rapat itu dihadiri oleh para Kepala Desa, Ketua Adat, Pemuka Agama dan Cerdik pandai.

Sebelum disahkan oleh Raja Huristak ke – XII yang bergelar Patuan Daulat Palon, hasil rapat terlebih dahulu diumumkan (Harawaos) kepada para penduduk di setiap desa yang berada di wilayah kerajaan. Sebelum memasuki acara puncak guna menyambut para tetamu undangan serta para penerima gelar kehormatan pihak panitia acara mengelar Fashion show yang disuguhkan oleh Mei Wedding Organizer. Para penerima gelar dijemput oleh para penari sambil mementaskan tarian ‘Tortor moderen’, yang dikolaborasikan dengan tarian dari tatar Sunda.

Dalam sambutannya Raja Huristak ke – XII Tondi Utama Hasibuan menerangkan bahwa pemberian gelar ini sebagai bentuk rasa hormat kepada para penerimanya. Pada umumnya setiap penerima gelar kehormatan memiliki nama sera arti tersendiri sesuai dengan prestasi atau dedikasi serta pencapaian terbaik mereka.

Pada kesempatan kali ini Delislela Haryati (Jawa Barat) merupakan salah satu penerima gelar tersebut. Beliau berhak menyandang gelar serta disahkan menggunakan nama dengan sebutan ‘Naduma Hallet Pasundan’, yang memiliki arti Putri Pasundan yang dicintai banyak orang.
Acara pemberian gelar yang dibalut dengan penampilan kolaborasi seni namun penuh kekeluargaan menambah semarak dan meriahnya gelaran.(Cynthia MG)

Visits: 17

Bagikan Link :